30 Maret 2009

Touring HSX Angkatan ke-12, Wanayasa – Purwakarta

“Bike to Nature”
Kisah indah di balik Prosesi Pelantikan Angkatan 12

Setu Wanayasa di pagi Hari (Pic. by Sis Nana HSX)

Setelah 2 minggu sebelumnya sempat survey lokasi untuk prosesi peresmian anggota baru dari HSX-125 Community, akhirnya akhir minggu ini, 28-29 Maret 2009. HSX B 6321 TEC kembali bertugas mengawal penulis mengikuti Touring Pelantikan HSX-125 Community Angkatan ke-12 dengan tema “Bike to Nature”.


Touring ini merupakan touring pertama di tahun 2009, dan touring dengan calon anggota yang dilantik terbanyak, yaitu sekitar 48 anggota baru. Pada touring ini juga untuk pertama-kalinya Panitia dan Pengurus harus dengan menyesal tidak “meluluskan” tiga orang calon member karena kurangnya persyaratan pelantikan.

Sebelumnya, mewakili pendiri HSX-125 Community, saya mengucapkan “Selamat untuk member yang telah dilantik dan jangan berkecil hati untuk mereka yang tidak lulus dalam prosesi pelantikan anggota baru Angkatan ke-12, selamat dan terima kasih juga untuk semua Panitia dan Pengurus yang telah mensukseskan event ini.”

Penulis kali ini tidak akan mengupas banyak mengenai perjalanan, baik lamanya perjalanan dan jarak tempuh perjalanan, karena catatan ini tidak akan jauh berbeda dengan tulisan sebelumnya ( lihat catatan perjalan “Jatiluhur & Wanayasa, Touring Bingung”, www.tukang-jalan.co.cc ), jadi yang sedikit banyak akan dikisahkan adalah cerita di balik prosesi pelantikan Angkatan 12.
Berikut adalah sekelumit kisah indah di Wanayasa, 28-29 Maret 2009 versi Penulis.

Jum’at, 27 Maret 2009

Seperti biasa, menjelang keberangkatan Touring, sedikit mendengar wanti-wanti dari orang rumah dan tepat pukul 22.30, bersama HSX B 6321 TEC yang telah selama kurang lebih 4 tahun setia menemani kemanapun, berangkat menuju lokasi titik kumpul ke-2 di Petronas Cibubur, sudah ada beberapa rekan di sana. Setelah satu jam menunggu, rombongan yang berangkat dari Pitstop utama di Panahan Senayan pun tiba,…. Bengong alias takjub dan sedikit terheran-heran melihat rombongan peserta touring kali ini yang jumlahnya sekitar 107 motor, ini merupakan catatan tersendiri bagi HSX. Belum lagi ditambah beberapa member yang menyusul.

Setelah saling bersilaturahmi, dan briefing mengenai rencana perjalanan, akhirnya tepat pukul 01.00 wib, rombongan diberangkatkan menuju Wanayasa melewati jalur yang sama saat survey, yaitu Cibubur – Jonggol – Cariu – Teluk Jambe – Karawang – BIC - Sadang – Purwakarta – Wanayasa. Waktu lamanya perjalanan dan jarak tempuh kurang lebih sama dengan catatan waktu survey (lihat tulisan sebelumnya, “Jatiluhur & Wanayasa, Touring Bingung”).

Sabtu, 28 Maret 2009

Pukul 06.00 pagi, rombongan HSX tiba di penginapan, yaitu Villa Puri Hijau, kurang lebih sekitar 40 kilometer dari Purwakarta. Villa sejuk ini berjarak sekitar 100 meter dari Jalan Raya dan 3 kilo meter sebelum Setu Wanayasa, tak ada satupun villa atau rumah lain disekelilingnya, hanya bukit, petakan sawah dan saung pengurus villa. Villa berbentuk seperti huruf L dengan di salah satu sisi (1 lantai) terdiri dari beberapa kamar dan kamar mandi sisi lainnya terdiri dari 2 lantai, namun strukturnya ke bawah, dengan lantai atas sebagai saung/aula terbuka besar tanpa jendela dengan luas sekitar 20 meter, sedangkan lantai bawah terdiri dari 1 kamar besar plus televisi, 1 kamar biasa dan 2 kamar mandi, sangat cocok untuk rombongan motor lebih dari 100 orang.

Villa Puri Hijau

Setelah istirahat dan sarapan, pukul 12 siang acara sarasehan siangpunpun dimulai, sarasehan ini mendengarkan sambutan dari Ketua Umum HSX, Panitia dan pendiri serta mendiskusikan mengenai perjalanan keberangkatan, diskusi safety riding dan coaching clinic seputar motor, namun sayang karena hujan praktek safety riding pun urung dilakukan. Sarasehan dilanjutkan dengan makan siang dan “games”.

Menjelang malam, sekitar pukul 20.00, setelah makan malam, sarasehan malampun digelar. Sarasehan kali ini merupakan pembekalan info seputar HSX kepada member yang akan dilantik. Ada perkenalan, diskusi dan Tanya jawab seputar Honda Supra X 125 Community dari mulai sejarah awal sampai kepengurusan periode ke-5 ini. Setelah kelar dengan sesi Tanya jawab, calon anggota yang akan dilantik dipersilahkan untuk istirahat sebelum dimulainya prosesi pelantikan pukul 23.00.

Minggu, 29 Maret 2009

Sekelumit tentang prosesi pelantikan di HSX.

Ada yang unik di setiap prosesi pelantikan di HSX 125 Community dan sudah menjadi kebiasaan setiap acara pelantikan. Persyaratannya pun cukup unik, biasanya member yang akan dilantik disyaratkan membawa jaket dealer dan dituliskan HSX 125 Community sesuai kreatifitas masing-masing, harus membawa botol krating***** yang diberikan sumbu sebagai penerangan. Setiap anggota yang akan dilantik akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai jumlahnya, dan setelah dikelompokkan, setiap kelompok harus melewati 4 pos, dimana di setiap pos akan diberikan pertanyaan sesuai tema pos masing-masing. Pos 1 adalah Pos Sejarah, di pos ini setiap kelompok akan dicecar dengan pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah berdirinya HSX. Pos 2 adalah Pos Safety Riding, di sini setiap kelompok akan di test kemampuan berkendara dan wawasannya mengenai safety riding. Pos 3 adalah Pos Organisasi. Setiap kelompok yang berada di Pos 3 ini akan ditanya pengetahuan mereka seputar Organisasi HSX 125 Community. Dan Pos Terakhir adalah Pos Kepengurusan, dimana setiap kelompok akan ditanya mengenai Kepengurusan di HSX.
Kebetulan di setiap prosesi pelantikan di HSX, penulis selalu diposisikan di Pos 1 oleh Panitia dan Pengurus.

Prosesi Pelantikan Angkatan 12

Peserta dibagi menjadi 6 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 8 orang, jadi seluruh anggota yang akan dilantik sebanyak 48 orang. Suatu rekor baru jumlah terbanyak anggota yang dilantik.
Pos 1 dilokasikan di pinggir jalan raya, tepat di jalan masuk menuju Villa, terdiri dari Penulis, Bro Noer 014, Bro Lember, Bunda Puji, Bro Ome dan Penulis sendiri, plus diperbantukan oleh Bro Herzal.
Pos 2 terletak di pinggir Danau/Setu Wanayasa, di Pos ini terdiri dari Bro Wahyu, Budi Koser, Amrin, Bewok dan Adhi S. Berjarak sekitar 3 kilo dari Pos 1.
Pos 3 terdiri dari Pa Odi, Faiz, Pa Veno, Gatot, Yama dan beberapa rekan lainnya, letaknya kurang lebih 1,5 kilo meter dari Pos 2, tetapi menuju balik arah ke villa dan terakhir Pos 4 dilokasikan di Villa, di sini ada ketum HSX, Bro Andre, mantan Ketum periode 3, Bro Arief, Korwil Serang Bro Panji dan juga Kristiono.

Prosesi dimulai tepat pukul 23.00. Kelompok pertama yang diberangkatkan adalah Kelompok 2 dan langsung menuju Pos 1, saat datang ke Pos 1, mereka langsung dicecar pertanyaan seputar Sejarah HSX selama 1 jam lebih, begitupun selanjutnya dengan Kelompok 6,4,3,5,1 masing-masing berlangsung selama kurang lebih satu jam setiap kelompok. Namun sayang, ternyata secara keseluruhan setiap pertanyaan yang dilontarkan di Pos 1 soal Sejarah HSX kurang dijawab secara baik oleh seluruh peserta, dan akhirnya seluruh kelompok diberikan konsekuensi sanksi sesuai kesepakatan bersama. Prosesi di Pos 1 berakhir tepat saat azan shubuh, sekitar pukul 05.00 pagi, namun di Pos lain masih terus berlanjut hingga jam 07.00 pagi. Dari info rekan-rekan di Pos lain, di Pos 2 ada salah satu member yang tidak membawa perlengkapan surat-surat berkendara, yaitu SIM, dan akhirnya, dengan sangat menyesal anggota tersebut tidak dapat diluluskan menjadi anggota ber-ID di HSX. Selain yang bersangkutan, pada Angkatan 12 ini ada 2 calon member lainnya yang tidak dapat diluluskan oleh Panitia karena kurangnya persiapan dan tidak diikutinya syarat-syarat pelantikan yang telah di-sounding jauh-jauh hari. Jadi total member yang lulus dalam prosesi pelantikan Angkatan 12 ini sebanyak 45 orang, dimulai dari ID 152 s/d 196.
Itulah sekelumit kisah di balik prosesi pelantikan Angkatan 12 Wanayasa.

Selesai prosesi pelantikan dan istirahat, kurang lebih pukul 11 siang pengumuman dan penyematan ID pun dimulai, didahului dengan sambutan dan kesan-pesan selama proses pelantikan. Acara ini sangat kental dengan kekeluargaan dan terlihat antusias serta rasa suka cita di raut rekan-rekan anggota yang telah lulus di pelantikan kali ini. Sekali lagi selamat menjadi bagian resmi keluarga HSX 125 Community, dan sesuai pesan dari Ketum, jagalah nama baik HSX saat berkendara di jalan raya, utamakan safety riding sesuai motto HSX.

Kebahagian saat resmi menjadi bagian dari keluarga HSX 125 Community

Tepat pukul 14.30 seluruh rombongan meninggalkan villa menuju Jakarta, dan rombongan di bagi menjadi 2 rute perjalanan pulang, yaitu Rute 1: Wanayasa – Purwakarta – Cikampek – Karawang – Ciakarang – Bekasi – Jakarta dan Rute 2: Wanayasa – Cikalong – Padalarang – Ciranjang – Jonggol – Cibubur – Jakarta.

Demikian sedikit kisah Wanayasa. Sekali lagi, sesuai ucapan yang selalu penulis ucapkan di Pos 1 kepada setiap member yang akan dilantik bahwa proses pelantikan ini bukanlah untuk tujuan lain selain untuk menumbuhkan rasa cinta dan sense of belonging terhadap komuniti, “Apa yang didapat dengan mudah akan pergi dengan mudah, dan apa yang didapat dengan perjuangan akan selalu lekat di hati dan sulit untuk ditinggalkan”.

Bravo HSX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar